Flora dan Fauna di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ~ Go Green Go Etnopharmacy

Laman

Sabtu, 24 September 2011

Flora dan Fauna di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Flora
Di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terdapat kurang lebih 600 jenis flora, dan yang banyak dijumpai antara lain: mentigi (Vaccinium varingaefolium), akasia (Acacia decurrens), kemlandingan gunung (Albitzia lophanta), cemara gunung (Casuarina junghuniana) dan adas (Funiculum vulgare). Begitu juga di hutan Semeru bagian selatan terdapat 157 jenis anggrek seperti Malaxis purpureonervosa, Maleola witteana dan Liparis rhodochila. Di samping jenis-jenis di atas terdapat pula jenis tumbuhan pegunungan Tengger di antaranya pakis uling (Cyathea Tenggeriensis), putihan (Buddleja asiatica), senduro (Anaphalis sp.) dan anting-anting (Fuchsia magallanica),jamuju (Dacrycarpus imbricatus), cemara gunung (Casuarina sp.), eidelweis (Anaphalis javanica), berbagai jenis anggrek dan jenis rumput langka (Styphelia pungieus).

Hidayat dan Risna (2007) menemukan 13 jenis tumbuhan obat di resort Ranu Pani, Senduro dan Pronojiwo . Tiga jenis diantaranya termasuk kategori tumbuhan obat langka yaitu pronojiwo (Euchresta horsfieldii), pulosari (Alyxia reinwardtii) dan sintok (Cinnamomum sintoc) di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan satu jenis tumbuhan obat langka yaitu purwoceng (Pimpinella pruatjan) ditemukan di perkebunan penduduk.

Fauna
Terdapat sekitar 137 jenis burung, 22 jenis mamalia dan 4 jenis reptilia di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dan sedikit jenis mamalia yang dapat dijumpai, di antaranya: babi hutan (Sus scrofa), kijang (Muntiacus muntjak), macan tutul (Panthera pardus), trenggiling (Manis javanica), landak (Hystrix brachyura), budeng (Presbytis cristata) dan beberapa jenis mamalia kecil lainnya.

Satwa langka dan dilindungi yang terdapat di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru antara lain luwak (Pardofelis marmorata), rusa (Cervus timorensis ), kera ekor panjang (Macaca fascicularis), kijang (Muntiacus muntjak ), ayam hutan merah (Gallus gallus), macan tutul (Panthera pardus ), ajag (Cuon alpinus ) dan berbagai jenis burung seperti alap-alap burung (Accipiter virgatus ), rangkong (Buceros rhinoceros silvestris), elang ular bido (Spilornis cheela bido), srigunting hitam (Dicrurus macrocercus), dan elang bondol (Haliastur indus) yang hidup di Ranu Pani, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo.

Penelitian oleh Suharto et al, (2005) di hutan Ireng-ireng wilayah konservasi Senduro Lumajang kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN-BTS) selama dua bulan tentang kupu-kupu ditemukan sebanyak 31 species dan sub species yang berasal dari 21 genus dalam delapan famili. Satu species dilindungi undang-undang di Indonesia yaitu Troides Helena.

2 komentar:

Jual obat alat dewasa.

Telp : 082111347444 – Sms : 087833500056
BBM : 3277C220

Kelik aja kata gori di bawah ini.
Superkuat.com
Obat Kuat Sex
Alat Bantu Pria
Alat Bantu Wanita
Pembesar Payudara
Aneka Kondom
Obat Kuat
Obat Pembesar Penis
Obat Kuat Oles
Obat Perangsang Wanita
Obat Pelangsing Badan
Obat Peninggi Badan
Obat Penggemuk Badan
Kelik aja kata gori di bawah ini.
Obatalatdewasa.com

Obat Kuat Pembesar Penis
Alat Bantu Sex Pria
Alat Bantu Sex Wanita
Alat Pembesar Penis
Kondom Dan Ring Silikon
Minyak Pembesar Penis
Obat Kuat Oles
Obat Kuat Pria
Obat Pembesar Penis
Pelangsing Badan
Pelicin Vagina
Pembesar Payudara
Penyubur Sperma
Perapat Vagina

Pemesan hubungi
Hp;
Pon / sms ; 082111347444 – 087833500056
Pin; 3277C22O
KUJUNGI WEP KAMI;
www.Superkuat.com
www.Obatalatdewasa.com
www.Vimaxcapsulecanada.com
www.Agenvimaxpembesarpenis.zz.mu
www.alatpenis.com
www.nesa3.blogspot.com
www.pembesaralatkelaminpria.blogspot.com
www.pembesaralatkelamin.bloogspot.com

Posting Komentar